Selasa, 21 April 2020

5 Pertanyaan Seputar Cek IMEI yang Sering Ditanyakan Pengguna Internet

| Selasa, 21 April 2020
Teknopartner.id - Pemerintah Indonesia sudah menetapkan regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada Sabtu (18/4). Walaupun regulasi telah dirilis beberapa hari lalu, beberapa orang masih bertanya-tanya tentang cek IMEI.

sumber : Tribunnews.com

Inilah pertanyaan yang paling seing ditanyakan netizen di sosial media dan internet.

1. Bagaimana cara melakukan pengecekan IMEI ponsel?

Cara pemgecekan IMEI sebenarnyacukup mudah. Kalian dapat melakukan cara manual dengan mengontak nomor *#06# di ponsel. Setelah itu, akan muncul nomor IMEI ponsel.

2. Apakah ada cara lain cek IMEI ponsel?

Tentunya ada, nomor IMEI sejatinya bisa kamu itemukan di bawah baterai, kardus kemasan, serta kartu garansi perangkat handphone, komputer, tablet yang kamu punya.

Baca juga: Beli Ponsel di Luar Negeri, Begini Registrasi IMEI via Website Bea Cukai

3. Bagaimana cara pengecekan IMEI ponsel resmi atau tidak resmi?

Untuk mengetahui IMEI ponsel legal atau tidak, kamu dapat melakukan pengecekan via situs imei.kemenperin.go.id.

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah mengecek IMEI ponsel, kalian dapat membuka Settings pada ponsel > About Phone > Status > IMEI Information.

Langkah selanjutnya kamu dapat memasukkan nomor IMEI ponsel di kolom Cek IMEI di situs imei.kemenperin.go.id > ikon Search kamu klik.

Selanjutnya akan muncul hasil status nomor IMEI. Terdapat setidaknya dua kemungkinan hasilnya, yaitu IMEI ponsel kamu terdaftar di database Kemenperin atau tidak terdaftar di database Kemenperin.


4. Bagaimana cara pengecekan  IMEI ponsel bagi pengguna Telkomsel?

Para costumer Telkomsel dapat langsung menghubungi nomor *337#. Kemudian, operator akan menjelaskan informasi tentang pengecekan IMEI, pengguna langsung dapat memilih menu dengan menekan angka 1.

Lalu, operator langsung memproses dalam rentang waktu yang cepat dan menerangkan informasi IMEI ponsel lewat pesan SMS.

5. Bagaimana mengecek IMEI bagi pengguna XL Axiata?

Pengguna XL Axiata bisa melakukan cek IMEI dengan menghubungi *123*817#. Selanjutnya akan muncul menu 1 IMEI Registrasi serta menu 2 Layanan 4G. Kamu bisa memilih IMEI Registrasi dengan memilih menu 1.

Terakhir, setelah mengikut langkah pengecekan di atas, akan ada pesan SMS mengenai status IMEI ponsel kalian dari XL Axiata.

Sekian penjelasannya, semoga tidak bingung lagi dan informasi ini bermanfaat. (ahm)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar