Jumat, 24 April 2020

Ini Dia Teknik Ampuh Atasi Email Phishing Virus Corona Menurut Anjuran Google

| Jumat, 24 April 2020
Teknopartner.id- Sekarang kejahatan di dunia maya dengan modus penipuan melalui email atau yang lebih sering dikenal dengan metode phishing naik tajam. Banyak orang yang memanfaatkan wabah virus corona yang semakin meluas di banyak negara termasuk Indonesia.

sumber: liputan6.com

Hal tersebut menjadikan banyak pemakai yang tidak berhati-hati menjadi korban penipuan saat menerima email phishing yang sejatinya hanya pura-pura dan memberikan informasi sesat terkait virus corona (COVID-19).

Google pun segara melakukan tindakan dengan menyarankan sedikit tips untuk para pengguna agar tak mudah tertipu lewat email phishing tersebut.

Google menyebutkan bahwa pengguna jangan terburu-buru dalam mengklik tautan (link) yang terdapat di sebuah email. Pasalnya apabila salah tekan, maka mungkin saja informasi pribadi seperti alamat rumah kamu dapat diketahui oleh pemilik situs tersebut.

Pengguna harus benar memastikan terlebih dahulu apakah situs yang akan mereka dikunjungi merupakan situs legal atau hanya situs penipu abal-abal.

contoh malware : cahyasri.web.id
Kewaspadaan lainnya adalah dalam membuka dokumen berhubungan dengan informasi virus corona. Pasalnya akhir-akhir ini banyak hacker yang melakukan penanaman malware di file yang mereka kirimkan melalui email.

Google sendiri pun telah berupaya untuk memfilter email berbahaya tersebut serta  dikategorikan sebagai email spam supaya pengguna juga tidak perlu sibuk melakukan pengecekan apakah email tersebut berbahaya atau tidak. (ahm)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar