--> Ini Jaminan Blibli Jika Kamu Beli Ponsel Tidak Punya IMEI Legal | Teknopartner.id

Senin, 20 April 2020

Ini Jaminan Blibli Jika Kamu Beli Ponsel Tidak Punya IMEI Legal

| Senin, 20 April 2020
Teknopartner.id -- Beberapa waktu ini pemerintah sedang menyoroti sesudah mengeluarkan aturan IMEI ini yaitu mengharuskan para pelaku marketplace supaya mempunyai jaminan khusus agar produk HKT (handphone, komputer, tablet) yang dipasarkan semuanya resmi. Lalu bagaimana dengan salah satu e-commerce Blibli?
sumber : rilispedia.com

Christian Ng selaku VP of Handphone Category Blibli Indonesia menjelaskan bahwa perusahaan sangat mendukung penerapan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut, sesuai dengan komitmen mendatangkan berbagai produk yang dijual dengan kualitas tinggi.
Sampai saat ini, Blibli sudah melakukan kerja sama dengan berbagai official store untuk menjual produk masing-masing. Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan penjualan yang saat ini dilakukan oleh para merchant?
“Tim kami sudah melaksanakan sosialisasi tentang peraturan ini sejak akhir Maret 2020 bagi para seller, supaya mereka memperoleh informasi lengkap serta memahami sepenuhnya terkait aturan pemerintah. Kami juga akan selalu mengingatkan serta memastikan agar produk yang dipasarkan telah sesuai dengan peraturan,” kata Christian.
Cristian menuturkan, “kami mempunyai jaminan retur produk 15 hari, sehingga kalaupun ada pelanggan yang membeli produk handset serta menemukan ketidakcocokan IMEI, dapat dikembalikan ke Blibli selama 15 hari setelah barang diterima oleh konsumen.”
Diakui Christian, jika hal ini terjadi, maka pihaknya juga akan menghubungi si merchant dan memastikan agar penjualan yang dilakukan hanya produk-produk dengan IMEI terdaftar saja.
Kebijakan pengembalian barang tersebut bahkan diperpanjang menjadi 30 hari karena saat ini dalam situasi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang.
“Waktu retur atau pengembalian produk kami perlama sampai dengan 30 hari pada situasi PSBB saat ini, hal ini menimbang adanya batasan-batasan dalam kegiatan sehari-hari,” kata Christian.
Sejauh ini, persoalan yang dihadapi Blibli dalam rangka mewujudkan aturan pemerintah agar melakukan penjaminan terhadap penjualan ponsel berada di proses komunikasi dan edukasi kepada para merchant.
“Blibli secara berjenjang harus memastikan bahwa merchant memperoleh informasi lengkap, serta update berkenaan dengan peraturan pemerintah,” tutupnya. (mmd)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar