Kamis, 16 April 2020

Kartu Pra Kerja dibuka, Aplikasi Daftar Prakerja Ilegal Tersebar

| Kamis, 16 April 2020

Teknopartner.id - Kita patut gembira, nih. Di tengah wabah COVID-19 yang terus merebak yang mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaanya, pemerintah secara resmi membuka program Prakerja. Program ini diprioritaskan untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaannya akibat COVID-19.

Program ini resmi dibuka pada Sabtu (11/4/2020) lalu dan berakhir hingga hari ini, Kamis (16/4/2020). Kartu Prakerja ini merupakan inisiatif pemeritah untuk memberikan bantuan berupa biaya pelatihan dan insentif bagi para pencari pekerjaan, pelaku usaha mikro kecil menengah yang kehilangan pekerjaan atau pelaku usaha mikro kecil menengah yang mengalami penurunan daya jual akibat pandemic coronavirus ini.

Tidak hanya itu, program ini juga bisa diikuti oleh masyarakat yang terkena PHK di perusahaan swasta. Dengan kemudahan ini harapnnya masyarakat tetap bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan memilki skill yang mumpuni nantinya. 

image: kompas.com

Namun tetap saja ada yang aji mumpung dengan adanya program ini. di toko Aplikasi Android, Play Store banyak ditemuka aplikasi bodong yang mengatasnamakan aplikasi resmi KEMNAKER untuk mendaftar prakerja.

Mantapnya lagi, aplikasi ini cukup banyak yang mengunduhnya. Menurut Kompas.com ada aplikasi Prakerja illegal tersebut yang sudah diunduh lebih dari 100.000 kali di Play Store. Ini menandakan banyaknya peminat kartu prakerja tersebut. Walau demikian, kita tetap harus hati-hati dan cermat ya dalam memilih informasi. 

Beberapa pengguna aplikasi illegal tersebut mengungkapkan kekesalannya karena ketika dibuka aplikasi tersebut tidak sesuai harapan. Bahkan ada aplikasi yang meminta izin akses kontak dan galeri. Tentu saja ini berbahaya.

Aplikasi Kartu Prakerja Aplikasi palsu semacam di atas berpotensi sebagai aplikasi berbahaya. Aplikasi tersebut berisi adware yang membuat munculnya  berbagai iklan yang mengganggu. Tidak hanya itu, iklan-iklan yang ditampilkan pada aplikasi semacam itu bisa menyedot kuota data dan pulsa penggunanya.


Lebih parahnya lagi, aplikasi illegal semacam itu bisa saja berisi malware yang bisa mengancam data penting anda seperti kontak, galeri, bahkan data perbankan yang tersimpan di perangkat ponsel anda.  Perlu kita ketahui hingga saat ini pemerintah belum membuat ada aplikasi khusus untuk program prakerja yang bisa diunduh di toko aplikasi Play Store. Satu-satunya akses informasi resmi yang disediakan pemerintah adalah melalui situs prakerja.go.id saja.

Bagi anda yang belum mengetahu persyaratan untuk mendapatkan kartu Prakerja, berikut ini kami sediakan rincian persyaratan dan dan alurnya. Persyaratan untuk mendapatkan kartu prakerja ini tidaklah sulit. Pertama, anda harus sudah berusia minimal 18 tahun. Kedua, memiliki KTP Elektronik. Ketiga, melakukan pendaftaran secara online pada situs resmi Kemnaker RI. Setelah itu anda langsung diberi tes tertulis sebanyak 18 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 25 menit. (Ded)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar