--> Microsoft Dapat 4 Masalah Kerentanan Kritis, Segera Perbaharui Windows Anda | Teknopartner.id

Jumat, 17 April 2020

Microsoft Dapat 4 Masalah Kerentanan Kritis, Segera Perbaharui Windows Anda

| Jumat, 17 April 2020

Teknopartner.id- Akhir-akhir ini dunia maya memang sedang dilanda berbagai permasalahan, hacker-hacker tidak bertanggung jawab bertebaran di jagad dunia maya.  
Baru-baru ini perusahaan software raksasa sekelas Microsoft tengah dipusingkan dengan dengan pembaruan-pembaruan Windows 10 yang justru membawa masalah bagi yang penggunanya.

Setidaknya ada empat kelemahan yang memengaruhi Windows 10 yang baru saja diperbaiki oleh tim Microsoft. Tiga di antaranya memungkinkan eksekusi kode jarak jauh. 
Sementara satunya lagi memungkinkan seorang hacker untuk mendapatkan akses menjadi administrator.


Empat kerentanan tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan PC. Lubang keamanan yang belum ditutup ini disebut 0-Day. Microsoft baru saja memperbaiki empat kerusakan yang sangat serius sehingga memungkinkan penyerang untuk mengendalikan PC yang menjalankan Windows 10. Bahkan sebelumnya dalam beberapa kasus juga pernah dialami komputer berbasis Windows 7 yang tidak ada menerima pembaruan.

BleepingComputer, Giz China melaporkan, dua kerentanan pertama Windows 10 diidentifikasi sebagai CVE-2020-1020 dan CVE-2020-0938 yang memengaruhi perpustakaan DLL yang disediakan oleh Adobe untuk mengelola font.

Imbas yang dikhwatirkan, seorang peretas dapat saja melakukan tindakan seperti membaca data, mengubah atau menghapus data, dan  bahkan membuat akun sebagai administrator. 


Tim Microsoft mengonfirmasi bahwa kerentanan ini digunakan oleh hacker bersamaan dengan kampanye hishing skala kecil. Mereka juga memengaruhi perangkat yang berbasis Windows 7.

Tips buat sobat selalulah memperhatikan aliran informasi yang masuk melalui PC kita terutama ketika terhubung dengan jaringan internet.

Sedangkan cacat yang terakhir, yakni CVE-2020-1027, yang bekerja secara lokal dan memberikan dapat meberikan hak administrator  kepada peretas.  Namun, Microsoft tidak memberikan perincian tentang kondisi yang menjadi pemicunya.

Tiga kelemahan ini ditemukan oleh grup keamanan Google. Sementa kerentanan yang ke-4 ditemukan bersama secara oleh Google dan para peneliti dari Qihoo 360. Qihoo 360,  terkenal dengan rangkaian keamanan total 360 Security-nya.

Untuk menjaga keamanan sistem informasi, dalam hal ini, PC dengan Windows 10, adalah melakukan pembaruan segera setelah tersedia. Jika ada beberapa masalah karena pembaruan yang menghapus file, tim Microsoft menyarankan anda untuk menghapus instalasi. Selain itu, laman Giz China juga sangat menyarankan untuk memperbarui ke versi terbaru untuk alasan keamanan. (Ded)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar