--> NASA dan Tim Nova-C segera Bangun Kehidupan di Bulan dalam Waktu Dekat | Teknopartner.id

Rabu, 15 April 2020

NASA dan Tim Nova-C segera Bangun Kehidupan di Bulan dalam Waktu Dekat

| Rabu, 15 April 2020
Teknopartner.id -Tidak puas dengan pendaratan pertama oleh Neil Amstrong dan tim di bulan pada tahun 1969 silam,  NASA kini kembali bertekad membangun kehidupan di bulan dengan cara yang tentu lebih canggih.

Kali ini NASA bekerja sama dengan perusahaan kawakan yang bergerak di bidang Antariksa dan Persenjataan alat berat Tim Nova-C yang merupakan bagian dari “Intuitive Machine”.
image: intuitive machines
Keberangkatan NASA dan Tim Nova-C nantinya akan menggunakan pesawat ruang angkasa robotic yang dirancang khusus oleh Tim Nova-C “Intuitive Machine”.

Pesawat ruang angkasa robotik Nova-C ini sudah dirancang khusus untuk pendaratan di area Vallis Schröteri yang merupakan lembah terluas di bulan, lembah ini disebut juga “Samudra Badai” yang tampak seperti lautan.
Pemilihan tempat pendaratn tersebut tentunya bukan asal-asalan saja, tetapi sudah dipelajari secara mendalam oleh Tim Nova-C. Area tersebut diperkirakan bebas dari bebatuan besar yang bisa mengancam keselamatan pesawat robotic Tim Nova-C.


Misi pendaratan ini dijadwalkan pada bulan Oktober 2021 nanti. Waw, jika saja misi untuk membangun kehidupan baru di bulan kali ini berhasil bakal ada yang pindah planet, dong.

Stephen Altemus, presiden dan CEO “Intuitive Machine” menyatakan bahwa upaya luar biasa yang dilakukan timnya adalah untuk memastikan keberhasilan misi besar ini dan untuk memenuhi kewajiban mereka kepada pelanggan setianya, yaitu NASA.

Pendaratan Tim Nova-C di area Vallis Schröteri diperkirakan sampai setelah enam hari terhitung dari lepas landas di Space X Falcon Center NASA, Florida. Misi ini dilaksanakan atas kerjasa sama yang ditandatangani antara Nova-C dengan Liunar Payload Service (CLPS) yang merupakan program NASA.

Tim Nova-C bukanlah satu-satunya perusahaan antariksa yang pernah bekerja sama dengan NASA dalam misinya. Sebelumnya juga ada Orbit Beyond, yang pernah memenangkan kontrak CLPS pada tahun 2019 tetapi belum membuahkan hasil yang sesuai.

Penejelajahan ini ditujukan untuk membangun keberadaan manusia yang berkelanjutan di sekitar bulan pada akhir dekade nantinya. Jika pendaratan ini membuahkan hasil bagi kehidupan manusia di bulan, tentu ini menjadi penemuan terbesar sepanjang abad 21 ini. (Ded)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar