--> Penelitian NASA Terbaru: Emas Bisa Tingkatkan Oksigen di Mars Emas di Bumi Siap-Siap Diangkut | Teknopartner.id

Selasa, 21 April 2020

| Selasa, 21 April 2020
Teknopartner.id - Selama ini sejumlah ilmuwan NASA berusaha keras untuk dapat mengungkap misteri kenaikan dan penurunan kandungan oksigen di planet Mars diduga sebagai planet masa depan itu.

Pada Tahun 2019 lalu, NASA berhasil menemukan atom oksigen di atmosfer Mars, tepatnya mesosfer. Penemuan kadar oksigen di planet Mars ini menjadi momen pertama dalam 40 tahun terakhir.

Sebuah robot Curiosity Rover, digunakan ilmuwan NASA untuk mentahui apa saja kandungan yang ada di atmosfer planet Merah tersebut.

image: ilustrasi kehidupan di mars
atmosfer Mars mengandung 95% CO2. Atmosfernya yang tipis ini juga memiliki kandungan 2,6% nitrogen, 1,9% Argon, dan 0,16% oksigen. Dengan kandungan oksigen 0,16% ini mars dianggap belum bisa dijadikan tempat kehidupan manusia dalam waktu dekat.

Namun ketika terjadi perubahan musim di planet merah tersebut maka terjadi peningkatan kadar oksigen secara drastis. Ketika musim panas dan musim semi, kadar oksigen di planet Mars bisa melonjak tajam. Bahkan peningkatannya bisa mencapai 30%. Kalau angka segini bisa nggak ya, menghidupi beberapa orang?

Kenaikan kadar oksigen secara misterius ini bertahan sampai musim gugur. Di mana ketika musim gugur, oksigen akan kembali turun ke tingkat normalnya. Terkait peningkatan kadar oksigen ini, para ilmuwan masih terus mempelajarinya.

Para ilmuwan Caltech pun menciptakan reaktor canggih untuk mengatasinya. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, alat reaktor canggih yang digunakan para ilmuwan tersebut mampu mengekstraksi karbon dioksida menjadi oksigen.

Kandungan karbon dioksida sendiri didapatkan dari komet dan melibatkan kertas emas. Penggunaan kertas emas ini bukan tanpa alasan tentunya.

Emas merupakan elemen lembam yang dipercaya mampu membuat oksigen yang berasal dari reaksi kimia antara CO2 dan emas. Dimana hal tersebut juga mampu berpengaruh terhadap kadar oksigen di planet Mars menjadi lebih stabil.

Jika benar emas diklaim mampu meningkatkan kadar oksigen di planet Mars, kira-kira berapa ton emas bumi yang harus di bawa ke sana, ya Sobat? (Ded)