--> Tik Tok Diretas untuk Tayangkan Video Hoax COVID-19. Pengguna Tik Tok Harus Waspada | Teknopartner.id

Kamis, 16 April 2020

Tik Tok Diretas untuk Tayangkan Video Hoax COVID-19. Pengguna Tik Tok Harus Waspada

| Kamis, 16 April 2020

Teknopartne.id - Merebaknya pandemik COVID-19 harus memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah. Rasa bosan selama di rumah biasanya di obati dengan bersosial media. Sehingga penggunaan jejaring sosial dan layanan obrolan melonjak tajam. Salah satu yang paling banyak digandrungi adalah Tik Tok.

Peningkatan lalu lintas internet ini menimbulkan masalah keamanan di beberapa platform. Contohnya, fitur Direktori Perusahaan Zoom yang memungkin orang lain untuk memiliki akses ke kontak lainnya sehingga bisa melihat data pribadi seseorang. Hingga saat ini beredar kabar adanya penjualan data yang diambil dari Zoom di Dark Web. 

image: google/tiktok

Fenomena ini seharusnya membuat kita semakin berhati-hati lagi ya dalam bersosial media. Kita tidak tahu bisa jadi kita adalah korban berikutnya. Seperti yang linasir dari phonearena.com dua pengembang iOS yang dikenal sebagai Mysk telah melakukan eksploitasi terhadap kerentanan di jaringan berbagi video TikTok.

Kerentanan itu mereka manfaatkan untuk bertukar konten dan menampilkan video COVID-19 palsu. Peretasan ini mereka lakukan dengan cara yang mereka anggap sederhana, mereka hanya memanfaatkan kelemahan protocol HTTP yang digunakan TikTok.

BACA JUGA: Apple Watch terbaru dengan Kelebihan Pendeteksi Predator Air - LIhat Spesifikasinya

Peretas Mysk  akhirnya dapat menukar video yang diterbitkan oleh akun Tik Tok yangdiverifikasi dengan akun yang palsu. Kemudian mereka menunjukkannya kepada pengguna akun Tik Tok di jaringan lokal.

Para peretas tersebut mem-posting informasi COVID-19 palsu dan itu dimuncul di bawah akun TikTok dari Organisasi Kesehatan Dunia. Tidak hanya itu, Mysk  juga menerbitkan deskripsi terperinci tentang kerentanan Tik Tok di blog-nya.

Mereka para peretas tersebut mengeksploitasi masalah itu hanya untuk menyoroti masalah keamanan aplikasi yang sedang laris manis di pasaran dunia internet tersebut. Adapun aplikasi Tik Tok yang terkena efek peretasan tersebut adalah aplikasi TikTok Android versi 15.7.4 dan aplikasi iOS versi 15.5.6. (Ded)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar